Minggu, 15 Mei 2016

Taruh dalam Freezer, Bisa Bikin Cake Lembut


KADANG kue yang dipanggang punya tekstur kering sehingga mengurangi kelezatannya. Untuk membuat kue cokelat yang lembut dan moist ternyata tidaklah sulit asalkan tahu bagaimana cara mengolehnya.

Berikut empat tips yang bisa diterapkan saat membuat cake supaya tekstur yang dihasilkan sesuai dengan harapan :

Jangan terlalu lama dipanggang

Kerasnya tekstur kue bisa juga disebabkan oleh lamanya waktu pemanggangan. Selalu gunakan timer atau pengatur waktu saat proses memanggang agar waktunya tepat. Lakukan pemeriksaan kematangan kue 10 menit sebelum waktu yang disarankan. Jika sudah cukup matang maka segera angkat kue meskipun waktunya belum habis.

Perhatikan suhu oven

Oven bisa saja memiliki panas yang tidak sesuai dengan pengaturannya. Agar lebih pasti, belilah thermometer oven dan lakukan pengecekan saat memanggang kue agar panas yang dibutuhkan konstan. Panas yang sesuai, sangat mempengaruhi kualitas kue yang dihasilkan.

Perhatikan bahan baku

Ada bahan susu dalam resep cake Anda? Cobalah ganti dengan bahan lain seperti buttermilk, yoghurt atau krim asam. Ketiga bahan tersebut memiliki kandungan asam yang bermanfaat untuk melunakkan gluten dalam adonan kue. Bahan ini juga membuat kue lebih mengembang secara alami karena menghasilkan uap udara ke adonan kue. Selain itu tekstur kue juga akan lebih lebut dan lembab.

Letakkan cake panas ke dalam freezer

Mungkin kedengarannya aneh, meletakkan cake panas ke dalam freezer. Tapi cara unik ini terbukti mampu membuat tekstur kue menjadi lebih lembut. Saat kue baru matang, angkat lalu keluarkan dari loyang dan langsung letakkan dalam freeezer selama kurang lebih 30 menit.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar