Minggu, 15 Mei 2016

Kesulitan cari bumbu masakan? Gantikan dengan bahan-bahan ini



Bingung mempraktikkan resep karena terlalu banyak bahan yang kurang familiar di telinga atau sulit didapat? Gampang, ganti saja dengan bahan substitusinya.

Memasak itu tak harus ribet. Bahan-bahan yang sulit didapat bisa digantikan dengan bahan lain. Misalnya saja heavy cream atau krim kental yang bisa diganti dengan campuran mentega dan susu cair. Hasil akhir masakan tetap enak, tak terlalu berbeda dengan bahan aslinya.

Berikut ini beberapa bahan substitusi berikut takaran yang sesuai untuk memudahkan kamu memasak, dikutip dari Nature's Nuture dan Buzz Feed.

Tepung roti (250 gram)

Butuh tepung roti untuk membalut adonan gorengan? Bisa diganti dengan 250 gram oatmeal atau 200 gram cracker asin yang dihancurkan.

Tepung mayzena (1 sdm)

Kehabisan tepung mayzena untuk mengentalkan masakan? Tak masalah. Gantikan saja 1 sdm mayzenda dengan 2 sdm tepung terigu.

Self-raising flour (250 gram)

Self-raising flour atau tepung terigu yang tidak membutuhkan pengembang bisa digantikan dengan 250 gram terigu serbaguna yang dicampur dengan 1 sdm baking powder, 1/4 sdm baking soda, dan 1/2 sdm garam.

Bumbu cajun (1 sdm)

Bumbu cajun adalah campuran rempah khusus untuk kuliner khas daerah Lousiana, Amerika Serikat. Biasanya tersedia dalam kemasan botol. Tetapi kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan 1/4 sdm cabe bubuk, 1/2 sdm thyme kering, 1/4 sdm basil kering, dan 1 siung bawang putih.

Bumbu Szechuan (untuk 6 porsi masakan)

Bumbu masakan Szechuan yang pedas menggugah selera biasanya dijual dalam bentuk kemasan, terdiri dari rempah dan dua jenis cabe khas Szechuan.

Tetapi kamu juga bisa membuat bumbu Szechuan dengan rempah dan cabe lokal. Siapkan 60 gram jintan, 3 sdm cabai kering, 2 sdm merica, 1 sdm bubuk jahe, 1 sdm bawang putih bubuk, 1 1/2 sdm bubuk cabe, dan 1 1/2 sdm garam. Tumbuk jadi satu dan gunakan sesuai kebutuhan.

Allspice (1 sdm)

Allspice biasanya digunakan untuk menambah aroma pada kue-kue manis, misalnya spekuk. Kalau kamu kesulitan mendapatkan bahan ini, gantikan dengan 1/2 sdm bubuk kayu manis, 1/4 sdm pala bubuk, dan 1/4 sdm cengkeh bubuk.

Sirup jagung (250 ml)

Corn syrup biasanya digunakan sebagai . Kalau kamu tak punya bahan ini di dapur, gantikan dengan 250 gram gula dan 50 ml air.

Madu (250 ml)

Resep yang menggunakan madu bisa digantikan dengan 300 gram gula dan 125 ml air. Harap diingat, gula memiliki rasa manis yang lebih kuat daripada madu. Jadi masakan kamu akan terasa sedikit lebih manis.

Sumber :merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar