Minggu, 15 Mei 2016

6 Trik cerdas untuk mengolah buah-buahan kecut dan sepat



Sering salah membeli buah yang ternyata masih mentah atau sepat? Buah yang seperti ini memang kurang sedap buat disantap langsung. Tetapi bukan berarti tidak bisa diolah menjadi makanan yang lezat di lidah, lho.

Bagaimana cara menyiasati jika kita mendapatkan buah mangga atau apel yang terlalu asam? Berikut ini trik yang bisa diterapkan.

Jadikan manisan



Buah-buahan dengan rasa sepat yang tajam seperti salak, mangga muda, dan kedondong biasanya diolah menjadi manisan.

Cukup urapi buah yang sudah diiris dengan gula pasir, lalu diamkan semalaman atau beberapa hari sampai daging buah mengeluarkan air. Jika suka, tambahkan cabai rawit yang sudah ditumbuk.

Jadikan selai



Buah yang kecut juga cocok dijadikan selai. Misalnya saja nanas, apel, kiwi, dan stroberi. Kamu tinggal memasak parutan buah dan gula dengan perbandingan 1:1 atau 2:1 (sesuai selera). Tambahkan beberapa sendok air lemon dan pectin (sejenis gelatin nabati) dan jadilah selai yang lezat. Olahan buah seperti ini juga bisa disimpan lebih lama.

Masak menjadi setup buah



Setup buah yang biasa disajikan di pesta atau resepsi juga bisa dijadikan solusi untuk mengolah buah-buahan yang kecut, misalnya saja nanas, apel, dan mangga matang yang kecut.

Cukup panaskan air dan gula dengan takaran 3:1 atau sesuai selera, tambahkan sejumput cengkeh dan kayu manis. Masukkan buah yang sudah dipotong kotak-kotak setelah air gula mendidih. Masak selama 2 menit, kemudian angkat. Sajikan dalam keadaan hangat atau dingin dengan es batu.

Jadikan campuran kue atau puding



Buah yang asam akan terasa lebih enak jika diolah bersama kue. Tumis apel dengan sedikit gula dan kayu manis dan kamu bisa menjadikannya isian crepe atau apple pie.

Stroberi, kiwi, dan jeruk asam juga bisa dijadikan campuran puding segar, mousse, milkshake, atau topping cake.

Olah menjadi rujak buah atau salad



Saat cuaca panas kamu bisa mengolah mangga muda, kedondong, apel, dan belimbing menjadi rujak buah. Tinggal diserut dan dicampur rebusan gula merah serta cabai, jadilah rujak serut yang segar.

Bisa juga disantap bersama saus kacang yang dihaluskan bersama gula merah, cabai, dan bawang putih. Rujak kuah pindang yang miliki kuah gurih dengan terasi, bawang putih, dan gula juga cocok untuk teman makan si buah kecut.

Selain itu kamu bisa mengolah potongan buah yang asam dengan saus salad yang dominan manis. Tambahkan susu kental manis dan parutan keju cheddar pada mayones, kemudian sajikan bersama potongan buah segar.

Olah menjadi sambal



Tidak harus diolah menjadi panganan manis, buah yang memiliki rasa asam juga bakal terasa lezat jika diolah menjadi sambal. Buat campuran sambal terasi (tanpa tomat) dengan irisan mangga muda, apel, atau nanas. Sajikan bersama lauk dan nasi panas. Dijamin bikin makan makin lahap.

Sumber : merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar