Minggu, 15 Mei 2016

Agar Tak Langu Ini Cara Olah Kedelai Jadi Susu



SUSU kacang kedelai bukanlah produk olahan susu nabati yang asing. Sudah banyak orang yang mengenal dan mengonsumsi susu ini karena manfaat yang dikandungnya.

Selain dapat dibeli langsung pada penjual susu kedelai, susu nabati ini juga mudah dibuat sendiri di rumah. Ditemui di Jakarta, Chef Darius Cahya dari The Dharmawangsa Hotel mengatakan susu kedelai sangat mungkin dibuat pada skala rumahan karena prosesnya cukup sederhana.

Namun executive sous chef ini mengatakan sebelum diolah menjadi susu, ada baiknya kedelai direndam dengan air. “Kedelai harus direndam dulu dalam air. Kira-kira butuh waktu sekira enam hingga 10 jam untuk proses perendaman,” kata Chef Darius.

Proses perendaman ini dijelaskan Chef Darius untuk memperoleh hasil kacang kedelai yang lunak. Kacang yang telah lunak akan mempermudah proses penggilingan dan penyaringan sarinya. Sehingga susu yang dihasilkan akan jauh lebih berlimpah dibanding jika tidak direndam.

“Kalau tidak direndam nantinya kacang masih keras dan sulit dihancurkan serta sulit diperas susunya,” imbuh Chef Darius.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar