Minggu, 15 Mei 2016

Siasat agar Bumbu Diblender Seenak Bumbu Ulek


ADA anggapan bumbu yang dihaluskan dengan blender memiliki rasa yang kurang nikmat ketimbang diulek. Anggapan itu tak salah, tapi juga tak sepenuhnya benar. Ada trik bagaimana agar bumbu blender pun bisa membuat cita rasa masakan lezat.

Ketika tak memiliki banyak waktu memasak, mengulek bumbu pun bisa menjadi hal yang memakan waktu. Blender lalu jadi pilihan praktis untuk menghaluskan bumbu-bumbu dapur.

Chef Widhi Joestiarto mengakui, bumbu yang diblender memang tak memiliki rasa, aroma maupun tekstur selezat bumbu yang diulek dengan ulekan batu. Siasatnya, tumis dulu bumbu-bumbu mentah seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan yang lainnya.

"Dengan ditumis atau digoreng terlebih dahulu, ini akan membuat aroma dari masing-masing bumbu tadi keluar, lebih harum," kata Chef Widhi dalam acara Jakarta Food Editor 's Club bertema Menggali Identitas Kekayaan Kuliner Indonesia Melalui Pengolahan Bumbu Dasar & Teknik Memasak,

Dengan proses pemanasan tersebut, lanjut Chef Widhi, bumbu-bumbu tersebut juga akan mengeluarkan jus atau air dengan sendirinya. Ini yang terjadi ketika bumbu diulek atau ditumbuk dengan batu sebagai ulekan.

"Kalau diulek kan artinya di-press, ditekan sehingga keluar minyaknya. Sementara kalau diblender kan bumbu dicincang dengan pisau, air tidak keluar sesempurna seperti kalau di-press tadi," imbuh chef asal Jawa Timur ini.

Bahkan jika tidak sempat menumis atau menggoreng bumbu utuh, maka siasat lainnya adalah tambahkan minyak goreng pada saat bumbu utuh hendak diblender. Sebaiknya gunakan minyak goreng, bukan air biasa.

Karena selain menambah rasa, minyak goreng juga berfungsi sebagai pengawet alami. Sedangkan air tidak membantu mengawetkan makanan.

"Minyak goreng selain memudahkan proses penghancuran dengan pisau blender, juga berfungsi sebagai pengawet alami. Gunakan minyak goreng biasa, tidak perlu yang panas, kecuali kalau bumbu digoreng dulu, minyak bekas menggoreng akan lebih bagus," tutup Chef Widhi.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar