Senin, 30 Mei 2016

Bawang Bombai & Bawang Putih, Mana Lebih Dulu Ditumis?


SEBAGAI bumbu andalan saat menumis, bawang putih dan bawang bombai adalah dua yang tak boleh ketinggalan. Tapi tahukah Anda mana yang harus lebih dulu ditumis?

Bawang yang harus lebih dulu ditumis adalah bawang bombai, hal ini dikatakan Chef Brian saat ditemui di Cibubur, Jakarta Timur . “Bawang bombai duluan yang harus masuk sebelum bawang putih karena bawang bombai punya cairan yang lebih banyak,” kata pria jebolan Master Chef Indonesia (MCI) ini.

Chef Brian menjelaskan ketika minyak atau margarin sudah panas maka yang harus segera dimasukkan adalah bawang bombai. Tumis bawang bombai hingga harum dan layu baru masukkan bawang putih.

Meski masuk paling pertama, bawang bombai tidak boleh ditumis terlalu lama. “Bawang bombai punya kandungan gula yang cukup tinggi jadi kalau terlalu lama ditumis dia karamelisasi, kalau sampai menjadi coklat nanti malah pahit,” terang Chef Brian.

Chef ramah ini juga mengatakan ketika menumis menggunakan bawang bombai maka rasanya akan semakin lezat. “Tumisan pakai bawang bombai akan beda rasanya dengan yang tidak pakai. Lebih enak,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar